Assalaamu’alaikum Wr Wb.

Fenomena dan karakteristik yang paling khas terkait dengan globalisasi adalah growth of global networking, dimana  internet, komunikasi elektronik, transfer dan interflow global dalam berbagai bidang termasuk pendidikan dan pembelajaran dilaksanakan secara on line (daring). Kehadiran website AIPNEMA ini sebagai respon dan penyesuaian dari pertumbuhan jaringan global  tersebut. Kita berharap bahwa kehadiran website ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam rangka meningkatkan sinergitas antar anggota AIPNEMA yang tingkat kualitasnya memang masih sangat beragam.

Sebagaimana diketahui bahwa jumlah pendidikan keperawatan yang dikelola oleh perguruan tinggi Muhammadiyah adalah 67 institusi yang terdiri dari 29 program studi D3, 34 program studi S1, dan 4 program studi S2. Dari jumlah tersebut, baru sekitar 15% program studi yang mempunyai akreditasi A (unggul), dan yang lain terakreditasi B. Diharapkan persentasi program studi dengan akreditasi A bisa naik menjadai 30-50% dalam kurun waktu lima tahun kedepan.

Jumlah institusi yang cukup banyak tersebut akan mempunyai pengaruh dan manfaat yang sangat besar apabila potensi dan sumber daya dari masing-masing institusi bisa disinergikan. Sinergitas akan membawa kekuatan yang sangat besar dan bisa saling melengkapi (complementary) untuk tercapainya penyelenggaraan pendidikan keperawatan yang unggul sesuai standar nasional maupun internasional.  

Sebagai sebuah asosiasi, AIPNEMA diharapkan mampu meningkatkan semangat kebersamaan, kekeuargaan, dan kesadaran bahwa kemajuan dan keunggulan instiusi pendidikan keperawatan merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu spirit sinergis, unggul dan setara antar anggota AIPNEMA harus terus dikuatkan dan diimplementasikan. Semoga keberadaan website AIPNEMA ini menjadi media yang efektif untuk mewujudkan institusi pendidikan keperawatan yang unggul  dan berkemajuan.

Wassalaamu’alaikum wr wb.

Ketua,

Dr. Mundakir, M.Kep

Dr. Mundakir, M.Kep
admin

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *